Pipa Boiler




Komponen-komponen Boiler Pipa Air
Memahami bagian-bagian dari boiler, akan memudahkan kita untuk memahami proses kerja dari boiler. Boiler yang menjadi media untuk "memindahkan" kandungan energi panas dari bahan bakar ke air, memiliki dua lingkup besar komponen penyusun yakni komponen-kompoen yang mendukung proses pembakaran, dan komponen-komponen yang berhubungan dengan perubahan fase dari air menjadi uap air. Kedua lingkup komponen tersebut akan kita bahas satu-persatu pada artikel ini.
Sebagai pokok pembahasan, saya akan mengambil acuan berupa sebuah boiler pipa air dengan bahan bakar batubara (kapasitas max. 283 ton/jam batubara) dan mampu memproduksi uap air superheater max. 640 kg/s. Boiler jenis ini sangat umum digunakan pada industri pembangkit listrik tenaga uap dengan kemampuan produksi listrik max. 640 MW.
Boiler berskala besar dibentuk oleh pipa-pipa (tubing) berukuran antara 25 mm hingga 100 mm. Pipa-pipa ini memiliki desain material dan bentuk khusus yang harus tahan terhadap perbedaan temperatur ekstrim antara ruang bakar dengan air / uap air yang mengalir di dalamnya. Selain itu material pipa haruslah bersifat konduktor panas yang baik, sehingga perpindahan panas (heat transfer) dari proses pembakaran ke air / uap air bisa efektif.
Ada desain khusus pada pipa-pipa boiler besar yang cukup unik. Pipa-pipa tersebut berkontur ulir di dalamnya, sehingga menciptakan aliran turbulen pada saat air atau uap air mengalir di dalam pipa-pipa tersebut. Tujuan diciptakannya aliran turbulen adalah untuk mengurangi efek gesekan antara air atau uap air dengan permukaan pipa, sehingga mengurangi resiko kemungkinan adanya aliran yang mengganggu (turbulensi) pada lekukan pipa. Pada akhirnya hal ini akan meningkatkan efisiensi perpindahan energi panas dari proses pembakaran ke air.

Ex Eropa, Ex Japan, Ex China

Related product you might see:

Share this product :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2016-2017. PT Jakarta Tunas Mandiri Maju - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger